Selasa, 17 September 2013

TUJUAN PENILAIAN HASIL BELAJAR

TUJUAN PENILAIAN HASIL BELAJAR

Pelaksanaan penilaian  hasil  belajar pada proses  belajar mengajar
bertujuan untuk:
(1) mengetahui kemajuan belajar siswa, baik sebagai individu maupun anggota  kelompok/kelas  setelah  ia  mengikuti  pendidikan  dan pembelajaran dalam jangka waktu yang telah ditentukan. 
(2)  mengetahui  tingkat  efektifitas  dan  efisiensi  berbagai  komponen pembelajaran  yang  dipergunakan  guru  dalam  jangka  waktu tertentu.  Komponen  pembelajaran  itu  misalnya  menyangkut perumusan materi pembelajaran, pemilihan metode pembelajaran, media,  sumber  belajar,  dan  rancangan  sistem  penilaian  yang dipilih.
(3) menentukan tindak lanjut pembelajaran bagi siswa, dan 
(4)  membantu  siswa  untuk  memilih  sekolah,  pekerjaan,  dan  jabatan yang sesuai dengan bakat, minat, perhatian, dan kemampuannya.  Dari  tujuan  tersebut,  menunjukkan  bahwa  penilaian  hasil belajar    pada  dasarnya  tidak  hanya  sekedar  mengevaluasi  siswa, tetapi  juga  seluruh  komponen  proses  pembelajaran,  seperti  guru, metode,  dan  media  pembelajaran.  Karena  kegiatan  pembelajaran tidak  semata-mata  diorientasikan  kepada  siswa,  tetapi merupakan system yang melibatkan semua komponen pembelajaran yang akan digunakan  untuk  perbaikan  bidang  pengajaran  dan  hasil  belajar, fungsi  diagnosis  dan  usaha  perbaikan,  fungsi  penempatan  dan  seleksi,  fungsi  bimbingan dan penyuluhan,  perbaikan    kurikulum, dan penilaian kelembagaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar