KERANGKA PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK )
a. Judul Proposal
Dalam judul; proposal sudah terlihat masalah yang diteliti dan intervensi (action) apa yang akan dilaksanakan.
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
b. Permasalahan
1) Deskripsi masalah
Masalah dideskripsikan secara jelas dan nyata, guru berwenang untuk memecahkan masalah yang mendesak untuk dipecahkan dan mudah dilaksanakan dilihat dari segi waktu, sarana prasarana dan daya dukung lainnya.
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
2) Identifikasi Penyebab Masalah
Identifikasi penyebab dilakukan dengan cara yang lebih sistematis, yaitu dengan proses kolaborasi dan digunakan alat koleksi data seperti angket, wawancara, analisis dokumen hasil ulangan.
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
c. Perumusan Masalah
Masalah dirumuskan dalam kalimat pernyataan dan secara jelas terlihat aspek-aspek: what, who, where, when, how/many/much.
Contoh: Bagaimana penerapan Strategi Dril dapat meningkatkan Kemampuan membaca surat-surat pendek ?
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
d. Rencana Tindakan
Cara pemecahan masalah harus menunjukkan akar masalah, bentuk intervensi yang diusulkan diuraikan dalam tahap-tahap, dan.
perencanaan……………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………….
Tindakan ………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
Observasi/pengamatan…………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
Refleksi ……………………………………………………………………………………………….
………………………………………………………………………………………………………..
e. Tujuan Penelitian
1) Tujuan umum
Uraian secara garis besar indikator keberhasilan secara umum
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
2) Tujuan Khusus
Tujuan yang diuraikan lebih rinci dan jelas sehingga tampak indikator keberhasilan baik secara kualitatif maupun kuantitatif.
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
f. Kerangka teoretik dan hipotesis tindakan
1) Kerangka Teoretik
Landasan teoretik tentang urgensi tindakan diuraikan secara jelas dalam dukungan pustaka terakhir. (kemukakan teori-teori yang terkait dengan masalah dan solusinya yang sudah di pilih)
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar